ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.

KANTIN KEJUJURAN


Salah satu upaya edukatif dalam menanamkan kejujuran sejak dini adalah dilakukan dengan mendirikan Kantin Kejujuran. Dinamakan kantin kejujuran karena di kantin ini setiap orang dapat membeli sesuatu barang, membayar sesuai harga barang, dan mengambil uang kembalian, dilakukan oleh diri sendiri. Kantin kejujuran ini hasil kerjasama Kejaksaan dengan karang taruna nasional. Kantin ini tidak ada penjaganya. Makanan dan minuman yang dijual cukup dilabeli harga. Uang kembalian pun sudah disediakan. Kejujuran siswa akan diuji ketika harus membayar belanjaan pada kotak yang sudah disediakan termasuk juga mengambil uang kembalinya. Suasana semacam ini akan menciptakan pengawasan secara kolektif, rasa malu jika tidak jujur menjadi penjaga kantin ini.

SMA 1 Cikarang Utara sebagai sekolah yang ditunjuk untuk menjadi contoh dalam kegiatan Kantin kejujuran diharapkan dapat menciptakan perubahan kultur bangsa ini secara masal, yaitu lahirnya generasi muda yang jujur.Kantin Kejujuran, menanamkan kesadaran akan nilai-nilai kesadaran tentang pentingnya bersikap jujur.

Tautan

Kejaksaan Negeri Cikarang

Komplek Perkantoran PEMDA Kabupaten Bekasi
Desa Sukamahi Kota Deltamas, Jawa Barat